PERUSAHAAN

Tentang Menjadi Pekerja Produksi

Apa yang dilakukan pekerja produksi?

Seorang pekerja produksi membantu membuat, merakit, dan menguji produk atau bagian-bagiannya. Mereka juga dapat menguji suku cadang atau produk jadi yang mereka buat untuk memastikan mereka memenuhi spesifikasi, kualitas, dan standar keselamatan. Pekerja produksi biasanya bekerja sebagai bagian dari jalur perakitan di pabrik atau fasilitas manufaktur. Tugas untuk pekerja produksi bervariasi sesuai dengan industri dan tempat kerja mereka, tetapi seringkali mencakup:

  • Merakit bagian atau produk dengan tangan atau menggunakan alat-alat listrik untuk menyolder, mengebor, mengelas dan memasang
  • Memantau peralatan dan mesin dan memperbaiki masalah yang terdeteksi atau merujuknya ke penyelia
  • Menjaga lantai kerja dan fasilitas tetap bersih dan bebas dari bahaya
  • Mengamati jalur perakitan dan mengeluarkan komponen atau produk yang rusak terdeteksi
  • Memeriksa produk rakitan untuk memastikan mereka memenuhi spesifikasi kualitas dan keamanan
  • Melampirkan label, logo perusahaan dan detail lainnya ke produk jadi
  • Mengemas produk jadi untuk pengiriman
  • Membongkar, mengatur, dan menyimpan pengiriman

Gaji rata-rata

Pekerja produksi menerima gaji berdasarkan pengalaman, lokasi, dan kebijaksanaan majikan mereka yang relevan. Pengalaman adalah indikator utama gaji, dengan pengusaha membayar karyawan produksi yang sangat berpengalaman lebih dari karyawan entry-level.

  • Gaji umum di kawasan Industry : UMR SEKTOR 1 SAMPAI 3
  • Beberapa gaji berkisar dari  Rp. 4,500,000 Sampai Dengan Rp. 5,500,000

Persyaratan pekerja produksi

Pekerja produksi memerlukan kombinasi kualifikasi berikut untuk mendapatkan pekerjaan:

pendidikan

Ijazah sekolah menengah SMA SMK Sederajat atau GED adalah satu-satunya persyaratan pendidikan untuk sebagian besar pekerjaan pekerja produksi. Pekerja produksi yang tertarik pada pekerjaan yang sangat teknis – di fasilitas teknik mobil atau aeronautika, misalnya – mungkin memerlukan gelar associate. Seorang Rekan Ilmu Terapan dalam Permesinan dan Pengembangan Produk atau Rekan Ilmu Terapan dalam Teknologi Pabrikan dapat membantu calon pekerja produksi mendapatkan posisi pekerja produksi terampil.

Latihan Kartu Prakerja

Pekerja produksi biasanya menerima pelatihan di tempat kerja ketika mereka mengambil posisi baru. Mereka mungkin berlatih dalam kelompok karyawan baru atau menerima pelatihan satu-satu dari pekerja produksi yang lebih berpengalaman. Pelatihan di tempat kerja membiasakan pekerja produksi baru dengan tugas, proses perusahaan, dan prosedur keselamatan mereka, termasuk operasi mesin yang aman.

Beberapa industri teknis mengharuskan pekerja produksi mereka untuk menghadiri program pelatihan pra-kerja. Calon pekerja produksi harus lulus tes bakat sebelum diterima di salah satu perguruan tinggi dan program sekolah teknik ini. Melalui kombinasi instruksi di kelas dan pengalaman langsung, program ini mengajarkan siswa tentang peraturan dan praktik industri, seperti cara menghasilkan peralatan medis steril di lingkungan aseptik.

Mendapatkan Sertifikasi Dengan Kartu Prakerja

Sertifikasi dapat membantu pekerja produksi membuktikan kompetensi mereka dan mendapatkan posisi dengan bayaran lebih tinggi. Dalam kebanyakan kasus, sertifikasi bersifat sukarela. Namun, ini merupakan persyaratan di beberapa industri yang sangat teknis yang mengharuskan pekerja produksi mereka untuk melakukan tugas-tugas kompleks. Beberapa sertifikasi umum untuk pekerja produksi meliputi:

  • Spesialis Bersertifikat: sertifikasi ini menunjukkan pemahaman tentang kriteria penerimaan untuk elektronik. Kursus pelatihan ini memiliki modul dalam instalasi perangkat keras, penyolderan, koneksi terminal, dan teknologi lubang-lubang.  
  • Profesi Otomasi Bersertifikat: sertifikasi ini menunjukkan pengetahuan yang komprehensif tentang otomatisasi dan kontrol. Kursus pelatihan ini mengajarkan tentang desain, pengembangan, penyebaran, pengoperasian, dan pemeliharaan sistem otomatis.
  • Sertifikasi Fasilitas Praktik Pabrikan yang Baik:  Dikeluarkan oleh Pusat Inovasi dan Pendidikan Profesional, sertifikasi ini menunjukkan pemahaman menyeluruh tentang pedoman manufaktur farmasi, biologi dan biofarmasi. Kursus pelatihan menampilkan mata pelajaran inti, termasuk praktik manufaktur yang baik, validasi sistem komputer, validasi proses, dan prosedur pelaporan serta pilihan. Pekerja produksi bersertifikat menyelesaikan tiga program inti dan satu pilihan.
  • Teknisi Produksi Bersertifikat:  sertifikasi ini mengakui penguasaan teknik manufaktur canggih. Kursus pelatihan ini menghadirkan pelajaran dalam praktik dan pengukuran kualitas, keselamatan, proses produksi, dan kesadaran produksi dan pemeliharaan. Topik produksi hijau adalah opsional untuk pekerja produksi di industri yang peduli dengan keberlanjutan.

Persyaratan untuk sertifikasi ini bervariasi. Namun, setelah mempelajari kursus, pekerja produksi harus lulus ujian untuk menguji pengetahuan mereka tentang topik yang dibahas untuk menerima sertifikat mereka. Sebagian besar sertifikasi harus diperbarui setiap beberapa tahun. Partisipasi dalam pendidikan dan ujian yang berkelanjutan mungkin diperlukan untuk mempertahankan sertifikasi.

Keterampilan

Pekerja produksi mengandalkan keterampilan teknis mereka untuk memastikan suku cadang dan produk jadi dibuat dan dikemas dengan standar tinggi. Pabrik-pabrik dan pabrik-pabrik mencari pekerja produksi dengan atribut-atribut berikut:

  • Keterampilan teknis:  Pekerja produksi menggunakan keterampilan teknis mereka untuk mengoperasikan peralatan dan mesin secara terampil dan aman, memproduksi dan memasang komponen dengan standar tinggi. Keterampilan teknis sangat penting bagi pekerja produksi yang merakit komponen kecil dan rumit.
  • Perhatian terhadap perincian:  Pekerja produksi mengandalkan perhatian mereka pada perincian untuk mengidentifikasi masalah dengan peralatan dan suku cadang dan menyelesaikannya sebelum mereka memengaruhi pemberi kerja atau pelanggan mereka.
  • Pemecahan masalah:  Jika masalah dengan peralatan atau produksi diidentifikasi, pekerja produksi menggunakan keterampilan pemecahan masalah mereka untuk memecahkan masalah dan menyelesaikan masalah ini.
  • Kerja tim:  Pekerja produksi adalah bagian dari jalur perakitan, sehingga mereka perlu bekerja dengan baik dengan orang lain. Mereka harus kepribadian dengan pemahaman yang baik tentang bagaimana pekerjaan mereka berdampak pada pekerjaan rekan-rekan mereka.
  • Mendengarkan aktif:  Pekerja produksi menerima instruksi dari penyelia mereka selama giliran kerja. Kemampuan mereka untuk memahami arahan membantu mereka menghasilkan pekerjaan berkualitas tinggi dan tetap aman.
  • Efisiensi:  Menjadi efisien membantu pekerja produksi menyelesaikan tugas mereka dengan cepat dan standar yang tinggi. Manajemen waktu dan organisasi memungkinkan para profesional ini untuk menyelesaikan pekerjaan seperti itu.
  • Kebugaran fisik:  Pekerja produksi menghabiskan sebagian besar waktu mereka dengan berdiri dan berjalan. Mereka mungkin juga perlu mengangkat mesin atau bagian yang berat, sehingga kebugaran fisik yang baik adalah penting.

Lingkungan kerja pekerja produksi

Pekerja produksi bekerja penuh waktu atau paruh waktu di pabrik dan rencana produksi. Pekerjaan malam, akhir pekan, dan hari libur nasional mungkin diperlukan, selain shift selama minggu kerja standar, tergantung pada pemberi kerja. Jam lembur juga umum, terutama selama periode puncak produksi.

Bekerja sebagai pekerja produksi sangat menuntut secara fisik, dengan pekerja menghabiskan sebagian besar waktu mereka berdiri dan bergerak di tempat kerja mereka. Pekerja produksi di beberapa industri, seperti sektor otomotif, juga mengangkat bagian berat untuk perakitan. Pekerja produksi harus mengenakan pakaian pelindung dan aksesoris, termasuk kacamata keselamatan, sarung tangan dan hairnets, untuk menjaga diri mereka aman dan menjaga kualitas bagian dan produk mereka.

Bagaimana menjadi pekerja produksi

Berikut langkah-langkah yang diperlukan untuk mengejar jalur karier ini:

  1. Lengkapi pendidikan SMA Anda.  Ijazah sekolah menengah atau GED adalah persyaratan minimum untuk pekerja produksi. 
  2. Pertimbangkan gelar associate yang relevan.  Pekerja produksi yang tertarik pada industri teknis dapat melanjutkan studi mereka dan mendapatkan gelar associate di bidang teknologi manufaktur atau permesinan dan pengembangan produk.
  3. Dapatkan sertifikasi.  Meskipun tidak selalu diperlukan, banyak pekerja produksi mendapatkan sertifikasi untuk keunggulan kompetitif di pasar kerja. Sertifikasi mungkin lebih disukai atau bahkan diperlukan dalam industri teknis.
  4. Perbarui resume Anda.  Perbarui resume Anda untuk menunjukkan kepada perusahaan yang potensial pendidikan Anda dan sertifikasi apa pun. Ingatlah untuk menyoroti keterampilan dan pencapaian Anda baru-baru ini, termasuk pekerjaan sukarela.
  5. Melamar pekerjaan pekerja produksi. Kirim resume Anda dan surat pengantar yang dipersonalisasi ke pabrik dan fasilitas manufaktur yang mempekerjakan pekerja produksi. Ingatlah untuk menyoroti cara Anda merasa akan menjadi kandidat terbaik untuk setiap posisi tertentu.

Contoh deskripsi pekerjaan pekerja produksi

Zoom Vehicle mencari pekerja produksi yang terampil dan berpengalaman untuk melakukan berbagai tugas di pabrik kami yang sibuk. Kandidat yang ideal akan memiliki beberapa pengalaman mekanik dan konstruksi, idealnya di industri mobil, dan kemampuan teknis yang kuat. Pemohon yang berhasil akan bertanggung jawab untuk mengoperasikan peralatan jalur produksi, menyelesaikan produk, dan melaporkan masalah apa pun dengan peralatan secara langsung ke supervisor pemeliharaan. Meskipun sertifikasi tidak penting, Teknisi Produksi Bersertifikat didorong untuk mendaftar. Jika Anda senang menjadi bagian dari tim dan memiliki hasrat untuk mobil, kami akan senang mendengar dari Anda.

Karier terkait

Bekerja sebagai pekerja produksi bukan satu-satunya pilihan bagi orang yang tertarik pada industri manufaktur. Beberapa peran serupa meliputi Beberapa Lowongan Yang Di sediakan Di berikut :

LIHAT PEMBUKAAN LOWONGAN HARI INI

SUMBER INFO LOWONGAN KERJA TERBARU lowongakerjaterbaru.com

error: COBA LAGI